Cerita Ibu

Deadline For The Labor


Akhirnya semalem bu dokter kasih deadline jadwal lahir utk kakak. Selasa, 30 Juni 2015, would be the maximum day the baby inside my bumpie.

“Ini posisi bagus, air ketuban bagus, detak jantung juga bagus. Yaa jadi gapapa deh kita tunggu. Tapi sampe tgl 30 Juni aja ya. Kalau belum ada kelanjutan, segera kita induksi.”

jeng jeng.

“Gapapa, ngga usah takut. Mau lahiran normal kan?”

Gubrak. Ibu kayak ditantang gitu kak. Wkwkwk. Aku nyengir-nyengir aja padahal. Tapi mungkin terlihat agak menerawang ya. Ya iyalah. Aku kan orangnya gitu… gak bisa menerima info dengan wuss-wuusss… jadi kayak bengong. Dan mungkin terlihat takut ya. Hihi. Padahal sih iya, bu dokter bener. Induksi itu gimanaaaahh. Sakit ngga siiiih. Semaleman galau lagi deh. Mixed feeling banget! di satu sisi pingin cepet-cepet lahiran. Tapi di satu sisi, belom siap ngalamin “seru”nya proses persalinan!

Supeerrrr.

Sempet nanya juga ke dokternya…
“Dok, apa sih dok pemicu kontraksi?”

Si ibu dokter setengah ketawa,
“Nah itu dia… sampe sekarang banyak yang bilang kan, banyak jalan, banyak berhubungan, bahkan ada yg ampe sehari sekali, nah loh, sering banget kan, itu bisa bikin cepet kontraksi. Padahal bukan itu. Belom diketahui secara ilmiah apa penyebab kontraksi sebenernya. Ada sih satu-dua yang abis jalan jauh eh dia kontraksi, tapi itu ngga bisa dijadiin dasar ilmiah. Cuma kebetulan aja. Enak dong kalo kayak gitu bisa nentuin tgl lahir bagus nih, ‘gue banyak jalan deh!’ Nggak, nggak bisa kayak gitu. Itu semua cuma untuk latihan pernapasan aja.
Nah ada salah satunya yaitu hormon oksitosin, itu yg nanti diberikan saat induksi. Gitu, ngerti kan?”

Haih. Jelas sekali. Hihi.
Ooo gituu. Baru tau eike. Bener-bener Qodarulloh lagi ujung2nya, kapan bayi siap dan tubuh ibu juga siap utk persalinan. No one knows. Masya Alloh.

Ibu harus pasrah dan yakin lagi atas kehendak Alloh. Siapin mental, kekuatan, dan doa yg banyak aja. Karena kapannya ngga ada yg tau! Ckckck. Persis kayak waktu mau menikah, mau hamil. Ketika aku ngga tau waktu itu akan berjodoh dengan siapa, tapi I just know I would be united with someone someday somewhere. Just believe in Alloh. Dan ketika menunggu masa kehamilan yang lamaaa sekali. Doa, nunggu, doa, nunggu, usaha… sama udah.

So… yuk tenangin diri mit.
Bismillah bisa tenang dan kuat… Alloh yang bantu🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s