Cerita Kuliah Ibu

Tentang Ekstensi FEUI (02)


Okeh, lanjut lagi yuk ceritanyaaa…. kemarin sampai di… betapa bersyukurnya gue bergabung menjadi salah satu mahasiswa di Ekstensi FEUI angkatan 2011.

Setelah pengumuman diterima tersebut, kemudian gue diminta untuk melakukan pembayaran dan daftar ulang. Wuih, bahagianya waktu daftar ulang ke UI itu ya Allooooh. Hahaha lebay. Pas nyoba Jakun UI-nya, kemudian melakukan identifikasi dengan sidik jari, terus dapet KTM UI-nya~ Aaaah senang deh pokoknya.
Hahaha, berasa banget bersyukurnya setelah melalui masa 3 tahun yang selama ini cuma bisa melihat bagaimana sih rasanya jadi anak UI.

Yah gue tau memang, mahasiswa ekstensi ini mungkin akan berbeda dari mahasiswa reguler.
Secara kuliahnya malem gitu kan. Otomatis mereka ngga akan se-aktif anak2 reguler yang banyak acara orientasi disana-sini. Eh! Orientasi!
Kalau itu sih, alhamdulillah! Hahaha, ya kali udah kena orientasi pas D3 dulu, terus sekarang masih di-orientasi lagi. Dan ternyata anak ekstensi masih bisa aktif kok. FEUI punya BEM Ekstensi sendiri tuh. Ngga kalah dari yang regulernya. So, enjoy aja jadi anak Ekstensi!😀

Oke, berlanjut ke pengisian IRS di SIAK-NG.
Wuuiiihh, *lebay lagi* haha gini tooooooooohhhhh ngisi mata kuliah di UI. Milih dosennya sendiri pulaa. Wuaahhh…. siapa pula yang harus gue pilih? mana gue tau kan. berhubung pengisian IRS ini pas bulan Romadhon, berlandaskan doa super pol bulan Romadhon, dan blog management06.wordpress.com … akhirnya gue memilih dosen2 yang katanya enak ngajarnya. Tapiiii…. semua kelasnya itu rata2 udah memenuhi kuota yang ada gitu. Panik. Aaaa gue telat nih ngisinya..

Tapi ternyata gapapa deh. Hehehe. Oh iya, di SIAK-NG itu mahasiswa baru ekstensi diwajibkan untuk memilih 5 mata kuliah: Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Produksi, Manajemen SDM dan Matematika Keuangan. Waaaaw langsung dapet mata kuliah utamaa…
senaaaang.
tapi kemudian bingung. Lah ini gak dapet mata kuliah pengantar ya? biasanya kaaannn………
emmm, tapi yaudahlaahhh. Eeeeh begitu dijalanin… ternyata itu jadi masalah. Emang sih enaknya, maba ekstensi gak ada matrikulasi. Jadi kemungkinan besar kita bisa lebih cepat menjalankan kuliahnya ini, karena mata kuliah yang mungkin pernah ada dulu, nggak diulang lagi. Makanya anak 2011 banyak sekelas sama yang 2010, kita kayak nge-skip 1 tahunnya mereka.
Tapiiiiiiiiiiiiii……………… actually, mata kuliah 5 wajib itu sebenarnya harus didukung oleh mata kuliah pengantar yang kita skip. Sampe dosen2 tuh kebingungan, kok pas kuliah anak2nya masih banyak yang nggak ngerti.. mereka sering nanya, “kemaren dapet makro-mikro kan? pengantar akuntansi dapet kan? statistik dapet kaan??
Otomatis kita semua jawab, “Bu/Pak, kami mahasiswa baru.” Mereka bingung.
Hahaha.

Tapi overall seru sih, banyak ilmu banget!! Apalagi sempet magang kan kemarin. Jadi lebih nangkep materinya karena sudah terjun ke lapangan langsung. Memang materinya BUANYAK banget.
Sampai UTS kemarin, untuk 4 matkul manajemen itu kita harus memahami masing2 10 chapter.
Sampai UAS, 10 chapter lagi. Jadi total 20 chapter = 1 buku dalam waktu empat bulan saja.

Wahaha. Gimana nggak seru tuh?😄

3 thoughts on “Tentang Ekstensi FEUI (02)

  1. mba Mita, terima kasih sudah berbagi cerita tentang pengalamannya kuliah di FE UI. kebetulan saya saat ini berminat untuk melanjutkan ke Ekstensi Manajemen di FEUI. yang jadi pertanyaan adalah apakah teman2 seperjuangan mba ada yang dari jurusan yang tidak terkait dengan manajemen/ekonomi semasa kuliahnya dulu? saya dari D3 teknik komputer, apakah mungkinkan ya mba untuk bisa diterima di jurusan tersebut? terima kasih

    1. Hai Petrus,

      Sebelumnya terima kasih ya telah memberi komentar di kolom ini. Petrus berminat melanjutkan ke jurusan apa lebih tepatnya? Kalau Ekstensi Akuntansi memang dikhususkan untuk lulusan D3 Akuntansi saja, sedangkan Ekstensi Manajemen dibebaskan. Saat angkatan saya ada kok yang dari D3 Teknik Mesinnya PNJ🙂 Tapi saya kan angkatan 2011, untuk angkatan yang tahun ini (2015) mungkin ada perubahan, karena saya mengalami sendiri program studi Ekstensi FEUI seringkali merubah sistemnya di setiap awal semester gasal yang baru. Mungkin Petrus dapat menghubungi langsung Sekretariat Ekstensi FEUI, nomor teleponnya bisa langsung ke http://fe.ui.ac.id ya🙂

      Semoga menjawab pertanyaan Petrus. Terima kasih.

  2. hai mba Mita.. saya mau tanya, kalau ekstensi manajemen di UI itu rata2 berapa lama ya masa kuliahnya? dan kuliahnya padat setiap harinya atau tidak? terima kasih🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s